4 Tokoh Terkemuka Di Dunia yang Gemar Membaca

Sudah bukan rahasia lagi, membaca buku merupakan kegiatan yang membawa manfaat yang saaaangat banyak. Dan, sudah bukan rahasia pula bahwa salah satu manfaat membaca buku yaitu membuat kita menjadi kaya pengetahuan dan bertambah pandai.

Padahal, kita tahu bahwa banyaknya pengetahuan dan tingkat kepandaian seseorang turut menjadi faktor yang menentukan kesuksesan dan keberhasilannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa membaca buku dapat menjadi salah satu faktor yang turut menentukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang.

Kesimpulan di atas bukanlah hanya sekadar asumsi. Kenyataan bahwa kegemaran membaca buku berbanding lurus dengan keberhasilan dibuktikan dengan banyaknya tokoh terkemuka dunia, yang dinilai sebagai tokoh-tokoh yang mencapai kesuksesan dalam bidang yang mereka tekuni, yang merupakan para penggemar membaca buku.

Di Indonesia saja, kita dapat menyebutkan beberapa tokoh yang sangat terkenal sebagai pembaca buku yang antusias.

Sebut saja Gus Dur, mantan presiden Indonesia yang terkenal sebagai tokoh pluralis karena lantang menyuarakan pluralisme. Kegemaran beliau dalam membaca buku terdokumentasi dalam sebuah buku yang berjudul Gus Gerr: Bapak Pluralisme dan Guru Bangsa karangan M. Hamid.

Sejak kecil Gus Dur telah melahap Das Kapital (versi bahasa Inggris)-karya agung Karl Marx yang dinilai oleh banyak orang sebagai karya yang sangat sulit dipahami, buku filsafat Plato, Fiksi karangan Tolstoy, Dostoyevsky, Andre Malraux, dan maaaasih banyak lagi.

Di samping Gus Dur, mengantri pula banyak tokoh terkemuka di Indonesia yang terkenal gemar membaca, seperti Tan Malaka-seorang pejuang revolusioner, mantan presiden Sukarno, mantan wakil presiden Mohammad Hatta, dan lain sebagainya. Bahkan, rata-rata tokoh kemerdekaan Indonesia senantisa memiliki satu kegemaran yang sama yakni membaca buku.

Begitu dahsyatnya pengaruh buku terhadap intelektualitas dan prinsip hidup umat manusia. Begitu powerful-nya kegemaran membaca buku terhadap perubahan dunia. Semua itu tergambarkan lewat begitu banyaknya tokoh perubahan dunia yang memiliki kegemaran membaca buku.

Nah, dalam artikel ini, penulis akan mengulas beberapa tokoh terkemuka di dunia yang juga merupakan para penggemar membaca buku.

Semoga ulasan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk ikut pula menjadi penggemar membaca buku.

Sekarang, mari kita mulai dengan tokoh yang pertama, yaitu Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison

Siapa yang tidak mengenal ilmuan yang satu ini? Heheh, penulis berani bertaruh, Anda telah mengenalnya sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Ilmuan yang satu ini terkenal sebagai penemu lampu bohlam. Tetapi, menurut catatan yang termuat dalam situs www.thomasedison.com, masih banyak penemuan yang dicpitakannya. Bahkan, dalam situs tersebut, disebutkan bahwa setiap dua minggu sekali (sepanjang karirnya), Edison mematenkan penemuan barunya.

Wow! Benar-benar fantastik, bukan?

Nah, rupanya, salah satu faktor yang turut mengantarkan Thomas Alva Edison pada kesuksesannya yaitu kegemarannya dalam membaca buku.

Masih dalam situs yang sama, dijelaskan bahwa Thomas Edison di masa kecilnya memiliki masalah dengan perkembangan sosialnya. Para gurunya di sekolah menilainya sebagai murid bermasalah yang tidak dapat menangkap pelajaran.

Tetapi, ternyata para guru itu salah. Edison kecil bukannya tidak mampu menangkap pelajaran, tetapi pemikirannya jauh melampaui para murid sebayanya. Ini dimungkinkan karena Edison kecil merupakan bocah yang memiliki jiwa penasaran yang sangat tinggi. Dan, rasa penasarannya yang sangat tinggi itu tersalurkan lewat kegemarannya membaca buku.

Di antara sekian banyaknya buku yang dibaca oleh Thomas Alva Edison, di antaranya yaitu buku-buku karya Charles Dickens, William Shakespeare, Edward Gibbon, dan buku-buku kimia dan pengetahuan alam secara umum.

Maxim Gorky

Tokoh yang kedua yaitu Maxim Gorky. Marxim Gorki merupakan seorang penulis cerita pendek dan novel asal Rusia.

Lahir di tengah keluarga dengan latar belakang sosial kelas bawah, Maxim Gorky mengenyam pendidikan sekolah hanya selama beberapa tahun yang sangat singkat. Pada umur 8 tahun, ia sudah harus bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri.

Bekerja sebagai pencuci sayuran, Gorky kecil diperkenalkan baca tulis oleh seorang juru masak di tempatnya bekerja.

Sejak saat itu, membaca buku menjadi kegemaran dan minat dalam hidupnya.

Minatnya dalam membaca buku tersebut mengantarkannya pada pencapaian besarnya, yakni menjadi seorang penulis novel dan cerita pendek yang sangat terkenal.

Beberapa karayanya antara lain Pesnya O Burevestnike (Song of the Stormy Petrel), Gorod Zhyoltogo Dyavola (The City of the Yellow Devil), dan trilogi yang bejudul My Childhood, In the Wold, dan MY Universities.

Dalam situs infographicpost.com, disebutkan bahwa Maxim Gorky mampu membaca empat ribu kata hanya dalam waktu satu menit. (http://www.infographicpost.com/interesting-facts-reading-infographic/2012/01/03).

Wooow! Luarrr biasa!

Honore de Balzac

Honore de Balzac merupakan seorang penulis novel, cerita pendek, dan penulis naskah drama.

Dengan karya-karyanya yang senantiasa didasarkan pada keadaan sosial Prancis (di masanya) yang sebenarnya, Balzac dikenal sebagai seorang sastrawan realis. Bahkan, ia dianggap sebagai bapak realisme dalam dunia sastra Eropa.

Karya-karyanya banyak memengaruhi sastrawan-sastrawan pada generasi selanjutnya seperti Edgar Allan Poe, Charles Dickens, Fyodor Dostoyevsky, dan maaaasih banyak lagi. Selain itu, karyanya juga menginspirasi para filsuf besar seperti Karl Marx dan Friedrich Engels, di mana kedua filsuf tersebut merupakan tokoh secara tidak langsung di balik revolusi buruh di Rusia tahun 1917 yang sangat megah.

Dalam situs wikipedia disebutkan bahwa Balzac kecil merupakan seorang penggemar membaca buku yang sangat antusias. Rupanya, kegemaran ini lahir dari sifatnya yang memang menunjukkan bahwa ia adalah seorang pemikir bebas.

Sebelum berkarir sebagai seorang penulis cerita pendek dan novel, Balzac telah mencoba berbagai jenis pekerjaan mulai dari politisi, kritikus, hingga pengusaha. Tetapi, ternyata dia tidak memiliki cukup minat dan bakat dalam bidang-bidang itu.

Ia bahkan melewati berbagai kegagalan hidup yang beraneka ragam, yang, dalam situs wikipedia, disebutkan, kegagalan-kegagalan itu disebabkan oleh pribadinya yang memang penuh ambisi dan berbeda dari yang lain.

Namun demikian, sangat beruntung ia telah mengenal buku semenjak kecil. Rupanya, kegemarannya membaca bukulah yang menyelamatkannya dari kegagalan hidup yang beruntun. Kegemarannya membaca buku telah mengantarkannya pada pencapaian terbesarnya, yakni menjadi seoarng penulis cerita pendek dan novel.

Abraham Lincoln

Tokoh yang terakhir yaitu Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln adalah salah satu presiden Amerika Serikat yang menjabat pada tahun 1861 hingga tahun 1865. Presiden Lincoln terkenal dengan perang saudaranya yang sedemikian sehingga menghapus perbudakan dan membuka jalan bagi tumbuhnya industrialisasi dan kapitalisme Amerika Serikat.

Lincoln lahir di dalam sebuah keluarga yang berasal dari latar belakang ekonomi kelas bawah. Kendati demikian, secara otodidak, dia berhasil menjadi seorang pengacara di Illionis. Selain itu, ia pun meraih sukses dalam karir sebagai politikus, tepatnya sebagai pemimpin partai, anggota legislatif daerah, dan terakhir menjadi presiden.

Dalam situs suite.io, dijelaskan bahwa Abraham Lincoln merupakan penggemar berat buku. kegemarannya membaca buku-buku sastra membentuk pandangan dan kebijakan-kebijakan politiknya.

Daftar buku yang menjadi bahan bacaannya semasa kecil antara lain cerita berbagai cerita fabel dan injil. Sementara itu, buku yang ia sukai di masa dewasanya yakni buku-buku yang berhubungan dengan politik seperti buku-buku karya David R. Locke, buku-buku karya Robert H. Newell, dan puisi-puisi karya Egdar Allan Poe dan Robert Burns. Adapun, karya sastra yang paling digemarinya yaitu karya William Shakespeare.

Masih dalam situs yang sama, dijelaskan bahwa kegemaran membaca Lincoln turut menjadi salah satu faktor yang mengantarkannya pada sukses besarnya, yakni menjadi presiden Amerika Serikat. Ashley Wagoner, dalam artikel berjudul A President’s Reading List yang termuat dalam situs tersebut menjelaskan pengaruh hobi membaca pada kesuksesan Lincoln sebagai berikut:

“Lincoln’s prolific reading undeniably helped make him a great leader. Reading helped President Lincoln make crucial decisions during the Civil War. For example, when Lincoln had to negotiate with Union generals,who were often clueless, he would go to the Library of Congress and check out books on military strategy. Through educating himself on military strategy, President Lincoln was able to help the Union generals ultimately win the Civil War. In addition, Lincoln’s knowledge of Shakespeare and theatre gave him insight into the human psyche. This insight made Lincoln a formidable and successful politician.” (https://suite.io/ashley-waggoner/1e9e2mf)

Kegemaran Lincoln dalam membaca profil membantunya menjadi pemimpin besar. Membaca membantu Presiden Lincoln membuat keputusan-keputusan penting selama Perang Saudara. Sebagai contoh, ketika Lincoln bernegosiasi dengan jendral-jendral Union (pemerintah pusat AS), yang seringkali tidak memberikan petunjuk dan solusi, dia senantiasa pergi ke Perpustakaan Kongres dan membuka buku yang membahas strategi militer. Lewat mendidik diri sendiri dalam strategi militer, Presiden Lincoln mampu membantu jendral-jendral Union memenangkan Perang Saudara. Selain itu, pengetahuan Lincoln tentang karya-karya Shakespeare dan teater memberinya pengetahuan mengenai aspek psikis manusia. Pengetahuan ini menjadikan Lincoln politikus yang sukses dan mengesankan.

Demikian 4 tokoh terkemuka dunia yang juga merupakan para penggemar membaca buku.

Tak diragukan lagi, buku menjadi salah satu faktor yang krusial dalam membentuk intelektualitas, prinsip, dan sikap hidup seseorang. Jika dirunut secara panjang hingga ke ujung, maka buku pada akhirnya menjadi faktor yang menentukan perubahan dunia.

Nah, sekarang, bagaimana komentar Anda mengenai kegemaran membaca para tokoh di atas? Apakah tokoh-tokoh di atas menginspirasi Anda untuk terus membaca buku? Penulis tunggu komentarnya.

Oya, jangan lupa untuk bergabung dengan Aquariusnote, ya, dan temukan banyak manfaat di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *